Skincare Routine Indonesia 2018: Tren dan Panduan Perawatan Kulit yang Efektif – PORTAL TRENDING
https://agumi.my.id/max-f/

https://agumi.my.id/max-f/

banner 728x250

Skincare Routine Indonesia 2018: Tren dan Panduan Perawatan Kulit yang Efektif

Skincare Routine Indonesia 2018: Tren dan Panduan Perawatan Kulit yang Efektif

Skincare Routine Indonesia 2018: Tren dan Panduan Perawatan Kulit yang Efektif
Skincare Routine Indonesia 2018: Tren dan Panduan Perawatan Kulit yang Efektif
https://agumi.my.id/max-f/

banner 468x60

Skincare Routine Indonesia 2018: Tren dan Panduan Perawatan Kulit yang Efektif

Oleh: [PORTALTRENDING.COM]

Pendahuluan

Skincare routine atau rutinitas perawatan kulit telah menjadi bagian penting dari gaya hidup banyak orang, termasuk di Indonesia. Tidak hanya sebagai upaya untuk menjaga kulit tetap sehat dan bersinar, tetapi juga sebagai bentuk self-care dan investasi dalam penampilan diri. Tahun 2018 menjadi tahun di mana perawatan kulit semakin mendapatkan perhatian yang besar, dengan munculnya berbagai tren dan produk skincare yang inovatif. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi lebih dalam tentang skincare routine Indonesia tahun 2018, meliputi tren-tren populer, produk-produk terkemuka, dan panduan praktis untuk merawat kulit secara efektif.

banner 325x300

1. Tren Skincare di Indonesia 2018

Tahun 2018 menjadi tahun di mana industri skincare di Indonesia mengalami perkembangan yang signifikan, dengan munculnya berbagai tren baru dalam perawatan kulit. Beberapa tren yang mencuat pada tahun tersebut antara lain:

a. Skincare Berbasis Alam

Salah satu tren utama dalam skincare di Indonesia pada tahun 2018 adalah meningkatnya minat pada produk-produk skincare yang berbasis alam atau natural. Banyak konsumen yang beralih dari produk-produk dengan bahan kimia berat ke produk-produk yang menggunakan bahan-bahan alami seperti ekstrak tumbuhan, minyak esensial, dan bahan organik lainnya. Tren ini muncul sebagai respons terhadap kebutuhan konsumen yang semakin peduli terhadap keamanan produk yang mereka gunakan dan dampaknya terhadap lingkungan.

b. Perawatan Kulit Berbasis Tradisional

Selain skincare berbasis alam, perawatan kulit berbasis tradisional juga menjadi tren yang populer pada tahun 2018. Banyak konsumen yang kembali menggunakan bahan-bahan alami tradisional seperti beras, kunyit, madu, dan lidah buaya untuk merawat kulit mereka. Selain dianggap lebih aman dan ramah lingkungan, perawatan kulit berbasis tradisional juga dipercaya memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan kulit.

c. Konsep “Skinimalism”

“Skinimalism” adalah tren yang muncul sebagai reaksi terhadap kecenderungan penggunaan produk skincare yang berlebihan atau over-skincare. Pada tahun 2018, banyak konsumen yang mulai mengadopsi pendekatan yang lebih sederhana dalam perawatan kulit mereka, dengan menggunakan produk-produk yang lebih sedikit namun lebih efektif. Tren ini mencerminkan kesadaran akan pentingnya keseimbangan dalam perawatan kulit, serta upaya untuk mengurangi konsumsi produk yang tidak perlu.

d. Korean Skincare (K-Beauty) Boom

Tren Korean skincare atau K-Beauty terus menjadi fenomena yang populer di Indonesia pada tahun 2018. Produk-produk skincare dari Korea Selatan, yang dikenal karena formulasi yang inovatif dan efektif, semakin diminati oleh konsumen Indonesia. Rutinitas perawatan kulit ala Korea, yang meliputi langkah-langkah seperti double cleansing, penggunaan essence, serum, dan sheet mask, menjadi inspirasi bagi banyak orang dalam merawat kulit mereka.

2. Produk-Produk Skincare Terkemuka di Indonesia 2018

Selain tren-tren yang mencuat, tahun 2018 juga menjadi tahun di mana banyak produk skincare terkemuka meluncurkan inovasi-inovasi baru dan mendapatkan popularitas yang besar di Indonesia. Beberapa produk skincare yang menjadi favorit konsumen Indonesia pada tahun tersebut antara lain:

a. Wardah White Secret Pure Treatment Essence

Wardah White Secret Pure Treatment Essence merupakan salah satu produk terkemuka dari brand lokal Indonesia, Wardah. Essence ini mengandung kandungan brightening dan hydrating yang dapat membantu menyamarkan noda hitam, meratakan tekstur kulit, dan meningkatkan kelembapan kulit. Produk ini menjadi favorit banyak konsumen Indonesia yang menginginkan kulit yang cerah dan bersinar.

b. Some By Mi AHA BHA PHA 30 Days Miracle Toner

Some By Mi AHA BHA PHA 30 Days Miracle Toner merupakan salah satu produk skincare Korea yang mendapatkan popularitas yang besar di Indonesia pada tahun 2018. Toner ini mengandung kombinasi AHA, BHA, dan PHA yang dapat membantu membersihkan pori-pori, mengurangi produksi sebum, dan mengatasi jerawat serta noda hitam. Produk ini terbukti efektif dalam mengatasi berbagai masalah kulit, seperti jerawat, komedo, dan tekstur kulit tidak rata.

c. Laneige Water Sleeping Mask

Laneige Water Sleeping Mask merupakan salah satu produk ikonik dari brand Korea, Laneige, yang menjadi favorit banyak konsumen Indonesia pada tahun 2018. Masker tidur ini mengandung teknologi Moisture Wrap yang dapat membantu menjaga kelembapan kulit semalaman, sehingga kulit terasa lebih lembut, kenyal, dan segar keesokan harinya. Produk ini sangat cocok digunakan bagi mereka yang memiliki kulit kering atau kusam.

d. Innisfree Jeju Volcanic Pore Clay Mask

Innisfree Jeju Volcanic Pore Clay Mask merupakan masker wajah yang terbuat dari lumpur vulkanik dari Pulau Jeju, Korea Selatan. Masker ini mengandung kandungan mineral alami yang dapat membantu membersihkan dan menyempitkan pori-pori, mengontrol produksi sebum, dan mengatasi masalah kulit berminyak dan berjerawat. Produk ini menjadi salah satu favorit konsumen Indonesia yang menginginkan kulit yang bersih dan segar.

3. Panduan Skincare Routine Indonesia 2018

Setelah mengetahui tren dan produk-produk terkemuka dalam skincare di Indonesia tahun 2018, berikut adalah panduan praktis untuk skincare routine yang efektif:

a. Tahap Pembersihan (Cleansing)

Mulailah skincare routine dengan membersihkan wajah menggunakan pembersih wajah yang lembut dan sesuai dengan jenis kulit Anda. Bersihkan wajah secara menyeluruh untuk menghilangkan kotoran, minyak, dan sisa makeup yang dapat menyumbat pori-pori.

b. Tahap Eksfoliasi (Exfoliating)

Sekali atau dua kali seminggu, lakukan eksfoliasi menggunakan produk eksfoliator yang mengandung bahan-bahan seperti AHA, BHA, atau PHA. Eksfoliasi dapat membantu membersihkan pori-pori, mengangkat sel kulit mati, dan meratakan tekstur kulit.

c. Tahap Toning (Toning)

Setelah membersihkan dan mengexfoliasi wajah, aplikasikan toner untuk mengembalikan pH kulit dan menyiapkan kulit untuk menerima nutrisi dari produk-produk selanjutnya. Pilih toner yang sesuai dengan jenis kulit Anda dan mengandung bahan-bahan yang dapat menenangkan dan melembapkan kulit.

d. Tahap Perawatan (Treatment)

Selanjutnya, aplikasikan produk-produk perawatan seperti essence, serum, atau treatment cream sesuai dengan masalah kulit yang ingin Anda atasi. Produk-produk ini mengandung bahan-bahan aktif yang dapat membantu mengatasi jerawat, noda hitam, tanda penuaan, dan masalah kulit lainnya.

e. Tahap Pelembap (Moisturizing)

Penting untuk menjaga kelembapan kulit dengan menggunakan pelembap yang cocok untuk jenis kulit Anda. Pilih pelembap yang ringan dan tidak menyebabkan penutupan pori-pori, serta mengandung bahan-bahan yang dapat menjaga kelembapan kulit sepanjang hari.

f. Tahap Perlindungan (Protection)

Terakhir, jangan lupakan perlindungan kulit dari sinar UV dengan menggunakan tabir surya atau sunscreen. Pilih produk dengan SPF yang cukup tinggi dan PA yang baik, serta cocok untuk jenis kulit Anda.

Penutup

Skincare routine Indonesia tahun 2018 mencerminkan perkembangan dan tren yang terjadi dalam dunia perawatan kulit di Indonesia. Dengan berbagai produk skincare terkemuka dan panduan skincare routine yang efektif, kita dapat merawat kulit kita dengan baik dan mendapatkan hasil yang optimal. Penting untuk selalu memperhatikan kebutuhan kulit kita sendiri, memilih produk-produk yang sesuai, dan konsisten dalam menerapkan rutinitas perawatan kulit. Dengan demikian, kita dapat memiliki kulit yang sehat, bersinar, dan terawat dengan baik.

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *